Langsung ke konten utama

PELUNCURAN PERUBAHAN BUDAYA KERJA KEMENKES

Regina Ayu- Reporter UKM White Campus

Semarang (19/02/2024)

Pada 19 Februari 2024, Kementerian Kesehatan mengadakan kegiatan Peluncuran Perubahan Budaya Kerja Kementerian Kesehatan sekaligus peresmian ruang gedung Adhyatma lantai 2 oleh Bapak Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Acara ini dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh sejumlah jajaran pegawai staf kantor Kementerian Kesehatan dan para sejawat di Gedung dr. Adhyatma, MPH, Jakarta. Selain itu, acara peluncuran budaya kerja ini juga dihadiri secara daring melalui zoom meeting dan streaming youtube. Adapun yang menghadiri lewat zoom meeting diantaranya adalah RS. Cicendo Bandung, KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I) Denpasar, Poltekkes Kemenkes Semarang, Poltekkes Kemenkes Jogja, BPPK (Balai Besar Pelatihan Kesehatan) Ciloto, BPAFK (Balai Pengamanan Alat dan Fasilitas Kesehatan) Makassar, Lab. Kesmas Palembang, dan masih banyak lagi.

Budaya Kerja Baru Kemenkes dibagun berdasarkan visi core values BerAKHLAK, yaitu: Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kometen, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Untuk memudahkan implementasinya, core values BerAKHLAK tersebut difokuskan pada tiga tema perubahan budaya, yaitu: Effective Executive, New Ways of Working, dan Service Excellent. Ketiga tema utama ini memiliki suatu makna serta harapan yaitu agar insan Kemenkes harus mampu bekerja secara cerdas dengan memanfaatkan sumber daya secara optimal, efektif, dan efisien yang mengedepankan integritas. Mampu berkolaborasi dengan mitra kerja baik internal maupun eksternal agar 6 pilar transformasi kesehatan dapat senantiasa terjalankan. Berperilaku proaktif serta responsif dalam memberikan solusi dan layanan terbaik (best effort) agar budaya kerja baru Kemenkes ini dapat berjalan lebih efektif, efisien, kolaboratif, inovatif, dan tentunya berorientasi pada pelayanan kesehatan di masyarakat.

Dalam acara yang sama, Kemenkes juga meresmikan ruang gedung Adhyatma lantai 2. Bapak Kunta Wibawa D.S. selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa pelaksanaan peresmian ruang gedung Adhyatma lantai 2 merupakan bagian dari perubahan budaya kerja Kemenkes. Hal tersebut dapat dilihat dari desain kantor ruang gedung Adhyatma lantai 2 yang telah dirancang dengan sedemikian rupa  secara terbuka tanpa sekat untuk mendorong iklim akuntabilitas serta pelayanan terbaik. Selain itu, desain kantor dengan konsep berAKHLAK workspace ini diharapkan dapat menumbuhkan inspirasi pegawai dalam perubahan fundamental pola pikir dan sikap ASN Kementerian Kesehatan yang tadinya hierarkis dan cenderung terkotak-kotak, menjadi lebih lincah, inovatif, dan kolaboratif.

Selain Peluncuran Perubahan Budaya Kerja dan peresmian ruang gedung Adhyatma lantai 2, Kemenkes juga mengadakan Peluncuran Branding Identitas Baru Kementerian Kesehatan. Hal ini memiliki tujuan untuk menyeragamkan entitas baru bagi seluruh entitas Kementerian Kesehatan dari pusat sampai dengan UPT. Sehingga, harapannya seluruh unit kerja dapat menampilkan identitas yang sama sebagai simbol semangat dan spirit transformasi, kata, bentuk, dan warna identitas baru dari Kementerian Kesehatan menjadi bentuk komunikasi non verbal untuk menyampaikan harapan optimistik dari pembangunan kesehatan di Indonesia. Dengan menggabungkan berbagai komponen warna transformatif sehingga menghasilkan keserasian dan keseimbangan yang  arahnya menuju pada perbaikan layanan kesehatan masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Ada Keringanan UKT, Polkesmar Luncurkan Opsi Beasiswa

Semarang _ Pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis di berbagai sektor kehidupan, salah satunya sektor pendidikan. Beasiswa menjadi salah satu hal yang didambakan dan diburu para mahasiswa. Selain dapat meringankan beban perekonomian orang tua, mahasiswa juga terpacu untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Diharapkan adanya beasiswa mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidangnya dan memiliki tanggung jawab moral baik kepada diri sendiri dan masyarakat. Seperti yang dipaparkan oleh Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, bapak Luthfi Rusyadi, SKM, MSc, dalam wawancara via zoom (Rabu, 28/07/21) bahwa Poltekkes Kemenkes Semarang telah menyediakan beberapa skema beasiswa. Diantaranya, Beasiswa Bidik Kamu, Beasiswa Gakin, Beasiswa Berprestasi, Beasiswa Prestasi Capaian Unggul dan Beasiswa Terdampak Covid-19.  Sasaran atau kuota beasiswa yang diberikan sebesar 20,4% atau kurang lebih sebanyak 1.600 dari total mahasiswa Polkesmar yang menyebar secara merata di seluruh program studi

Radiology Festival “Radiology Shining On The Golden Era”

  Reporter White Campus - Nisa Diana Fotografer White Campus - Array Sangga dan Dinda Faurizah Semarang (16/1/2024)  Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (JTRR Poltekkes Semarang) menggelar Radiology Festival pada Selasa, 16 Januari 2024.  Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara yang mengusung tema “Radiology Shining On The Golden Era” ini dilaksanakan sore hari, dengan open gate yang dimulai pada pukul 15.00 WIB. RadFest merupakan puncak dari kegiatan X-Ray Invention Day. Acara ini  merupakan penutup kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa JTRR pada  10-12 November 2023 yang berisikan beberapa jenis perlombaan. Sehingga pada malam puncak RadFest, terdapat penyerahan hadiah untuk para pemenang perlombaan pada kegiatan X-Ray Invention Day. Sederet penampilan yang dibawakan oleh mahasiswa JTRR untuk memeriahkan acara ini, yaitu penampilan Tari Kendhit, RR Project Juara 1 Jingle, Solo Vocal, Band, Danc

BULETIN BULAN FEBRUARI 2023