Langsung ke konten utama

Pemilihan Duta Kemenkes Poltekkes Semarang 2024

 Pemilihan Duta Kemenkes Poltekkes Semarang 2024 

“Show Your Action, for a Better Generation”


Mirzaluna Rina- Reporter UKM White Campus

Semarang (08/03/2024)



Badan Eksekutif Mahasiswa Kemenkes Poltekkes Semarang menyelenggarakan pemilihan duta kampus yang dilaksanakan pada 6-8 Maret 2024. Acara ini diikuti oleh 28 prodi dengan 45 finalis dari seluruh kampus Kemenkes Poltekkes Semarang. Tujuan diadakan pemilihan duta kampus adalah untuk memilih duta kampus Poltekkes Kemenkes Semarang terbaru serta menjaring dan memilih mahasiswa berprestasi untuk mewakili Poltekes Kemenkes Semarang. 


Acara di mulai pada tanggal Pada Rabu 6 Februari berupa Tes tulis, Presentasi Gagsan Kreatif dan Talk Show Interaktif-7 Maret para finalis melalui tahap karantina, yang bertempatan di guest house Poltekkes Kemenkes Semarang. Selama karantina para finalis melalui beberapa tahap seleksi.


8 Maret 2024 merupakan puncak acara dari Duta Kemenkes Poltekkes Semarang. Acara diselenggarakan di ruang auditorium Kemenkes Poltekkes Semarang kampus pusat. Para finalis mempersiapkan dirinya untuk puncak acara yang dimulai pukul 14.00. Ruang auditorium dipenuhi oleh para tamu undangan seperti direktur, wakil direktur, dan jajarannya, serta ketua jurusan. Selain itu para mahasiswa tiap jurusan juga bisa menyaksikan masuk ke ruang auditorium untuk memberi dukungan semangat duta jurusannya. BEM Poltekkes Kemenkes Semarang mengundang 3 juri dari luar instansi Kemenkes Poltekkes Semarang dengan tujuan supaya pemilihan Duta terlaksana secara transparan dan adil. 


Acara dimulai dengan persembahan 45 finalis dilanjut dengan serangkaian acara hingga tiba lah saat pengumuman 5 besar finalis duta Kemenkes Poltekkes Semarang yang dibacakan oleh MC. Kemudian 5 besar finalis memberikan speech of talent selama 2 menit. Finalis akan diarahkan untuk mengambil nomor undian lalu dibacakan mosi speech of talent oleh MC. 


 Speech of talent ini merupakan seleksi untuk pemilihan 3 besar. Acara dilanjutkan dengan hiburan dari TBH (Tutuh Bhakti Husada) yang merupakan UKM tari di Poltekkes Kemenkes Semarang. Penampilan tari selama kurang lebih 5 menit menjadi jeda waktu untuk mengumumkan 3 besar. Para finalis 3 besar yaitu Miss Keperawatan Semarang Andrea Fourleony, Mr TRR Purwokerto Revaldy Nata R, Mr TRR Semarang Muhammad Hafid Giofanny, Miss Kesehatan lingkungan Dian Rakhmawati, Mr RMIK Kendal Rayhan Kusuma, Miss Keperawatan Purwokerto Nasyiah Meylani Bening Saputri. Setelah diumumkan 3 besar, Polkesmar Ambassador tahun 2023 memberikan last speech sebagai purna tugas mereka setelah menjabat selama 1 tahun. 


Para 3 besar finalis diberi QnA yang dibacakan oleh juri. Pemberian QnA ini berbentuk amplop yang masih tersegel dan para finalis mengambil nomor undian yang kemudian akan juri bacakan pertanyaan sesuai nomor undi yang didapat masing-masing finalis. Para finalis diberikan waktu menjawab selama 2 menit.


Setelah QnA 3 besar, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara kategori runner up 1, runner up 2, runner up 3, runner up 4, best talent, best presenter, best video, best catwalk, best gagasan kratif, best costume, foto profile, intelegence. 45 finalis yang memperoleh juara diarahkan untuk maju ke panggung. Peserta juara kategori diberikan beberapa penghargaan. 


Tiba di penghujung acara, momen yang ditunggu semua orang. Suasana berubah menjadi menegangkan dan teriakan semangat dari mahasiswa tiap jurusan semakin menggelegarkan ruangan. Momen pengumuman yang akan menjadi Duta Kemenkes Poltekkes Semarang 2024. Pengumuman pemenang dilakukan dengan pemberian keris untuk Mr dan mahkota untuk Miss dari Polkesmar Ambassador 2023. Hasilnya adalah Duta Kemenkes Poltekkes Semarang 2024 diraih oleh Mr TRR Purwokerto Revaldy Nata R dan Miss Keperawatan Semarang Andrea Fourleony. Selamat kepada Duta Kemenkes Poltekkes Semarang terpilih semoga diberikan kelancaran dalam mengemban amanahnya dengan baik.  



Selamat juga bagi para anggota White Campus yang menjadi finalis duta Kemenkes Poltekkes Semarang yaitu Mr TRR Semarang Muhammad Hafid Giofanny memperoleh runner up 1, Miss TRR Semarang Yohanita Cahyaningtyas sebagai Best Catwalk 2, dan Miss Kesehatan Gigi Atma Miladia Nur I memperoleh Best Presenter 2.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Ada Keringanan UKT, Polkesmar Luncurkan Opsi Beasiswa

Semarang _ Pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis di berbagai sektor kehidupan, salah satunya sektor pendidikan. Beasiswa menjadi salah satu hal yang didambakan dan diburu para mahasiswa. Selain dapat meringankan beban perekonomian orang tua, mahasiswa juga terpacu untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Diharapkan adanya beasiswa mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidangnya dan memiliki tanggung jawab moral baik kepada diri sendiri dan masyarakat. Seperti yang dipaparkan oleh Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, bapak Luthfi Rusyadi, SKM, MSc, dalam wawancara via zoom (Rabu, 28/07/21) bahwa Poltekkes Kemenkes Semarang telah menyediakan beberapa skema beasiswa. Diantaranya, Beasiswa Bidik Kamu, Beasiswa Gakin, Beasiswa Berprestasi, Beasiswa Prestasi Capaian Unggul dan Beasiswa Terdampak Covid-19.  Sasaran atau kuota beasiswa yang diberikan sebesar 20,4% atau kurang lebih sebanyak 1.600 dari total mahasiswa Polkesmar yang menyebar secara merata di seluruh program studi

Radiology Festival “Radiology Shining On The Golden Era”

  Reporter White Campus - Nisa Diana Fotografer White Campus - Array Sangga dan Dinda Faurizah Semarang (16/1/2024)  Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (JTRR Poltekkes Semarang) menggelar Radiology Festival pada Selasa, 16 Januari 2024.  Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara yang mengusung tema “Radiology Shining On The Golden Era” ini dilaksanakan sore hari, dengan open gate yang dimulai pada pukul 15.00 WIB. RadFest merupakan puncak dari kegiatan X-Ray Invention Day. Acara ini  merupakan penutup kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa JTRR pada  10-12 November 2023 yang berisikan beberapa jenis perlombaan. Sehingga pada malam puncak RadFest, terdapat penyerahan hadiah untuk para pemenang perlombaan pada kegiatan X-Ray Invention Day. Sederet penampilan yang dibawakan oleh mahasiswa JTRR untuk memeriahkan acara ini, yaitu penampilan Tari Kendhit, RR Project Juara 1 Jingle, Solo Vocal, Band, Danc

BULETIN BULAN FEBRUARI 2023