Langsung ke konten utama

HARI ANAK NASIONAL 2024



 HARI ANAK NASIONAL 2024: ANAK TERLINDUNGI, INDONESIA MAJU

Hi Healthies! tepat pada 23 Juli ini, diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional merupakan momentum penting yang dirayakan untuk mengingatkan kita akan hak-hak anak serta pentingnya perlindungan dan pendidikan bagi mereka. Tema Hari Anak Nasional tahun ini sangat menarik nih healthies. Dan pastinya tema tersebut menjadi misi untuk persoalan yang tengah terjadi di Indonesia. 

Nah, tema Hari Anak Nasional tahun ini, dilansir dari website resmi Kemdikbud yaitu Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Tema tersebut menunjukkan komitmen untuk memastikan bahwa setiap anak di Indonesia mendapatkan perlindungan yang layak dan kesempatan yang setara untuk tumbuh dan berkembang. Peringatan ini mencerminkan upaya untuk meningkatkan pendidikan inklusif, melindungi anak-anak dari berbagai bentuk kekerasan, serta meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan yang memadai.

Saat ini, masih banyak tantangan yang harus dihadapi, seperti kekerasan fisik, seksual, dan psikologis terhadap anak-anak yang harus segera ditangani. Kondisi ini membutuhkan penanganan segera dan serius dari pemerintah Indonesia maupun pihak lainnya. Selain itu, masih banyak anak yang terlibat dalam pekerjaan di usia yang seharusnya mereka tidak terlibat, seperti di sektor pertanian atau rumah tangga. Hal ini menunjukkan perlunya perlindungan khusus untuk anak perempuan, anak-anak dengan disabilitas, dan juga anak-anak dari kelompok minoritas etnis atau sosial. 

Bisa dikatakan pendidikan menjadi faktor kunci dalam mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Pendidikan merupakan  salah satu pilar utama dalam mewujudkan visi "Indonesia Maju". Setiap anak harus memiliki akses yang merata dan berkualitas ke pendidikan, tanpa ada diskriminasi atau hambatan apapun. Selain itu, akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas seharusnya juga menjadi bagian perlindungan anak. Anak-anak dari daerah terpencil atau yang tinggal dalam kondisi kemiskinan perlu mendapatkan akses yang sama terhadap layanan kesehatan. 

Untuk mewujudkan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", diperlukan upaya bersama dari semua pihak. Kita harus memperkuat perlindungan hukum bagi anak-anak, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak mereka, dan memastikan adanya fasilitas kesehatan yang ramah anak. Dengan cara ini, kita dapat memastikan bahwa setiap anak di Indonesia memiliki masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan, mendukung visi Indonesia Maju yang adil bagi semua anak-anak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tak Ada Keringanan UKT, Polkesmar Luncurkan Opsi Beasiswa

Semarang _ Pandemi Covid-19 mengakibatkan krisis di berbagai sektor kehidupan, salah satunya sektor pendidikan. Beasiswa menjadi salah satu hal yang didambakan dan diburu para mahasiswa. Selain dapat meringankan beban perekonomian orang tua, mahasiswa juga terpacu untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Diharapkan adanya beasiswa mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidangnya dan memiliki tanggung jawab moral baik kepada diri sendiri dan masyarakat. Seperti yang dipaparkan oleh Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan, bapak Luthfi Rusyadi, SKM, MSc, dalam wawancara via zoom (Rabu, 28/07/21) bahwa Poltekkes Kemenkes Semarang telah menyediakan beberapa skema beasiswa. Diantaranya, Beasiswa Bidik Kamu, Beasiswa Gakin, Beasiswa Berprestasi, Beasiswa Prestasi Capaian Unggul dan Beasiswa Terdampak Covid-19.  Sasaran atau kuota beasiswa yang diberikan sebesar 20,4% atau kurang lebih sebanyak 1.600 dari total mahasiswa Polkesmar yang menyebar secara merata di seluruh program studi

Majalah Kampus Poltekkes Kemenkes Semarang Edisi XXIV-11 : Being the Best Version of Yourself!

       Buat kalian khususnya para maba yang mau tahu hal-hal mengenai dunia kampus bisa banget baca majalah ini!       Majalah Kampus Poltekkes Kemenkes Semarang Edisi XXIV-11 membahas mengenai informasi-informasi yang wajib kalian ketahui selama berkuliah di Poltekkes Kemenkes Semarang. Yuk simak dan baca selengkapnya di link berikut ini : 🔗https://bit.ly/MajalahWhiteCampusEdisiXXIV-11

Pemilihan Duta Kemenkes Poltekkes Semarang 2024

  Pemilihan Duta Kemenkes Poltekkes Semarang 2024  “Show Your Action, for a Better Generation” Mirzaluna Rina- Reporter UKM White Campus Semarang (08/03/2024) Badan Eksekutif Mahasiswa Kemenkes Poltekkes Semarang menyelenggarakan pemilihan duta kampus yang dilaksanakan pada 6-8 Maret 2024. Acara ini diikuti oleh 28 prodi dengan 45 finalis dari seluruh kampus Kemenkes Poltekkes Semarang. Tujuan diadakan pemilihan duta kampus adalah untuk memilih duta kampus Poltekkes Kemenkes Semarang terbaru serta menjaring dan memilih mahasiswa berprestasi untuk mewakili Poltekes Kemenkes Semarang.  Acara di mulai pada tanggal Pada Rabu 6 Februari berupa Tes tulis, Presentasi Gagsan Kreatif dan Talk Show Interaktif-7 Maret para finalis melalui tahap karantina, yang bertempatan di guest house Poltekkes Kemenkes Semarang. Selama karantina para finalis melalui beberapa tahap seleksi. 8 Maret 2024 merupakan puncak acara dari Duta Kemenkes Poltekkes Semarang. Acara diselenggarakan di ruang auditorium Kemen